RSS

09 Mar

Dampak Negatif HP

Pelarangan penggunaan handphone (HP) yang disampaikan ketua Dinas Pendidikan Drs, Henky Pehebeherot kepada para murid-murid sekolah beberapa waktu lalu terus mendapat dukungan dari berbagai kepala sekolah. Seperti yang diungkapkan oleh kepala Sekolah (Kepsek) SMA N 4 Jayapura Edith J.S Spd saat dimintai komentarnya Papua Pos terkait dengan larangan penggunaan HP tersebut, Sabtu (7/3) lalu. Edith mengatakan, sebelum larangan penggunaan HP dikeluarkan oleh pihak dinas Pendidikan sekolahnya telah mengambil kebijakan dengan memberlakukan pelarangan penggunaan HP dilingkungan sekolah oleh para murid-murid.

Hal ini dilakukan tentunya dengan melihat dampak-dampak negatif yang timbul akibat dari penyalahgunaan HP oleh para murid, diantaranya prestasi belajar murid jadi menurun, banyaknya gambar-gambar atau video-video yang tidak sepantasnya ditonton oleh anak seusia sekolah.“Sejak bulan Agustus tahun 2008 lalu kita sudah berlakukan larangan penggunaan HP tersebut, karena kita tau dampaknya sangat tidak baik bagi murid-murid itu sendir,” kata Edith saat berbincang-bincang dengan Papua Pos.

Dikatakan, awalnya sebelum pelarang HP diberlakukan prestasi murid-murid dalam pelajaran sangat menurun hal ini disebabkan kurangnya konsentrasi dalam menerima pelajaran dikelas, namun setelah pelarangan HP diberlakukan prestasi belajar murid-murid malah meningkat.“Dampak positif sangat banyak sekali saat kita berlakukan pelarangan penggunaan HP,” lanjut dia.

Diterangkan lagi sebagai konsekuensi dari pelarangan penggunaan HP tersebut pihak sekolah menyediakan telepon solusi bagi para murid-murid dimana murid-murid hanya boleh menggunakan telepon solusi dan tentunya melalui persetujuan guru piket disekolah.“Pada prinsipnya kita pihak sekolah sangat mendukung larangan penggunaan HP tersebut karena ini juga untuk kemajuan para murid-murid di sekolah,” lanjutnya.

Pelajar Mendukung

Sementara itu dikatakan oleh Frengky Ibo, siswa kelas 3 SMA N 4 Jayapura sebagai murid yang teladan dirinya sangat mendukung larangan penggunaan HP tersebut karena larangan tersebut sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan mutu pendidikan murid-murid di sekolah namun disisi lain diakui olehnya dirinya kurang setuju dengan larangan tersebut. Pasalnya kebebasan sebagai orang yang sudah mulai remaja dihambat oleh larangan tersebut dimana kebebasan untuk berinteraksi dengan orang luar melalui HP dilarang sama sekali.

“Boleh saja melarang kita gunakan HP tapi ada baiknya setelah jam istirahat HP tersebut boleh kita gunakan tapi yang terjadi disekolah saya adalah sama sekali tidak boleh mambawa HP inikan sama saja dengan melanggar hak asasi kami,” terang Fengky.(lina/cr-45)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Maret 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: